23 Jan 2011

Sejarah Telenovela

Rosalinda, La Usurpadora (aka. Cinta Paulina), Por Tu Amor, Esmeralda, Amigos...

Nama-nama di atas sudah tidak asing lagi bukan?? Terutama untuk para penggemar telenovela di Indonesia. Ya itu adalah sederet judul-judul telenovela yang pernah tayang di Indonesia. Telenovela memang menarik sekali untuk ditonton. Selain karena ceritanya yang aneh (mulai dari kisah cinta sampai pembalasan dendam, mulai dari cerita anak-anak hingga dewasa, bahkan kakek nenek), penghayatan artis-artisnya yang seperti "the real story" membuat para pemirsanya (terutama ibu-ibu) jadi ngefans sama telenovela.

Tapi tahukah kalian mengenai sejarah telenovela?? Berikut reviewnya

Telenovela adalah judul kolektif untuk semua serial drama Amerika Latin (meksiko, venezuela, dan sekitarnya) yang memunculkan berbagai jenis novel televisi. Kata Telenovela digabungkan dari 2 kata. Yang pertama, "Tele", atau kependekan untuk televisión atau televisão (Kata berbahasa Spanyol dan Portugis untuk televisi). Serta kata yang kedua yaitu "Novela", sebuah kata yang studi sastra Latin bergaul dengan romantis menengah-span dan kata bahasa Spanyol atau Portugis untuk "novel".

Telenovela adalah genre yang berbeda berbeda dari opera sabun, untuk telenovelas memiliki akhir dan berakhir setelah jangka panjang (umumnya kurang dari satu tahun). Telenovela menggabungkan drama dengan roman bersambung di abad ke-19 dan radionovela Amerika Latin. Media telah digunakan berulang kali untuk mengirimkan pesan sosial budaya dengan memasukkan mereka ke dalam alur cerita.

Dan pada awal tahun sembilan puluhan (aku baru lahir loh!!), dimulai dari telenovela yang berjudul María Mercedes, telenovela pun mulai menarik minat masyarakat. Setelah Maria Marcerdes, arulah muncul judul-judul lain yang tidak kalah menarik dari segi ceritanya. Dan perkembangan berlanjut di Indonesia dan menjamur hingga tahun 2003. Tapi saat ini peredaran telenovela sudah mulai pudar dan digantikan oleh sinetron-sinetron Indonesia yang menurut aku kualitasnya kalah jauh di banding telenovela.

Semoga saja telenovela bisa berkembang lagi di Indonesia seperti kejayaannya dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar